Saturday 19 March 2016

Manfaat Dan Bahaya Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Tahukah anda? Makan buah jambu biji ternyata dapat merusak gigi. Mungkin tidak banyak yang tahu tentang hal ini. Kebanyakan orang tahu manfaat jambu biji bagi kesehatan. Apalagi selama ini banyak orang percaya dengan jika anda makan jambu biji setiap hari maka anda tidak perlu pergi ke dokter karena tubuh anda akan terhidar dari penyakit.

Memang sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah jambu biji banyak mengandung zat-zat, folat, flavonoid, lycopene, lutein, kalium, asam pantotenat, niasan, mineral, tembaga, mangan, vitamin C dan vitamin lainnya yang bermanfaat bagi tubuh dan dapat mengurangi hipertensi, mengatasi diabetes, menyehatkan tiroid, mengoktimalkan penglihatan, mengobati sembelit atau mengatasi diare.

Buah jambu biji juga dipercaya dapat mencegah penyakit-penyakit ringan, seperti demam atau batuk. Dalam dunia kecantikan, jambu biji dipercaya dapat mencegah keriput dan penuaan. Ini karena zat astringents yang terkandung pada buah jambu biji dapat mencegah kerusakan kulit. Buah jambu biji juga mengandung serat yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang diet. Karena serat pada jambu biji bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Buah ini hampir tanpa lemak dan kolesterol, sehingga cocok dimasukkan sebagai menu diet. Keluhan seperti sembelit pada orang diet, tidak akan terjadi bila mengkonsumsi jambu biji sebagai bagian dari menu diet yang dijalani.

Namun demikian, Anda perlu waspada! dibalik manfaat, terdapat bahaya jambu biji pada kesehatan gigi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ternyata jambu biji tidaklah lebih sehat dibanding permen, jika dilihat dari kesehatan gigi. Jika anda makan jambu biji empat buah setiap hari, maka mempunyai efek merusak gigi dan dapat meningkatkan kadar keasaman mulut.

Lantas! Apa yang sebaiknya anda lakukan! Masalahnya bukan pada jumlah jambu biji yang anda makan, melainkan bagaimana anda memakannya. Ketika anda memakan jambu biji dengan lambat, kadar asam pada jambu biji memiliki banyak waktu untuk merusak gigi. Oleh karena itu, disarankan untuk makan jambu biji dengan susu atau sepotong keju. Kalsium yang terdapat dalam susu atau keju akan menetralkan asam. Selain itu, segeralah minum air setelah makan jambu biji untuk mengurangi efek berbahayanya.


Demikian ulasan dari saya, terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment